Rabu, 09 Maret 2011

Ini Dia 8 Cara Siapkan Diri Jadi Ibu Menyusui


ASI adalah makanan dan minuman terbaik untuk bayi. Anda yang kini tengah hamil, sebaiknya menyiapkan diri untuk memberikan ASI pada si kecil. Berikut ini tips untuk mempersiapkan diri menjadi ibu menyusui, seperti dilansir dari Fit Pregnancy:

1. Milikilah teman pendukung. Dengan memiliki teman yang juga menyusui, semuanya akan menjadi lebih mudah. Anda punya tempat untuk berbagi cerita sekaligus bertanya jika ada masalah.

2. Cari tahu di mana ada konselor laktasi atau ahli yang bisa Anda tanya soal proses menyusui. Sangat disarankan Anda mencari tahu soal poin kedua ini sejak awal, sebelum bayi lahir. Tentu akan lebih mudah mencarinya sekarang ketimbang saat Anda ditemani bayi yang sedang menangis di gendongan.

3. Kenali payudara Anda. Maksud dari poin ketiga ini, cari tahu lebih detail soal payudara Anda, apakah putingnya masuk ke dalam, adakah keanehan di area tersebut. Dengan memahami payudara sendiri, saat berkonsultasi dengan ahli laktasi, Anda pun sudah tahu apa yang akan ditanyakan.

4. Buat rencana agar di saat awal-awal melahirkan, hidup Anda menjadi lebih mudah. Di awal kelahirannya, menyusui benar-benar akan memakan waktu Anda. Akan terjadi 8-12 kali waktu menyusui dalam 24 jam kehidupan pertama bayi. Biasanya dengan interval yang memanjang antara tiap waktu menyusu. Dengan tersitanya waktu untuk mengurus dan menyusui bayi, Anda tentu akan sulit mengerjakan tugas lainnya.

5. Cari tahu pengobatan-pengobatan apa yang mungkin Anda peroleh saat melahirkan, termasuk obat-obatan yang dipakai untuk epidural. Obat-obatan tersebut bisa berefek pada kemampuan menyusui bayi. Jika Anda mendapatkan epidural atau pengobatan lainnya, ekstra sabarlah pada bayi jika momen menyusui pertamanya tidak berjalan lancar. Minta bantuan ahli jika memang diperlukan. Pompa juga ASI Anda sampai bayi bisa menyusu dengan benar.

6. Tidak punya pedoman atau bantuan untuk menyusui ketika bayi akhirnya lahir? Jangan khawatir. Bayi Anda lah yang akan menolong. Sebelumnya cari tahu dulu bagaimana caranya menyusui bayi baru lahir. Bayi yang baru lahir biasanya secara otomatis akan minta disusui. Kalau Anda melihat, bayi menaruh tangannya di mulutnya, berusaha memakan pakaian atau menolehkan kepalanya untuk mencari-cari puting, artinya dia ingin menyusu. Jangan sampai menunggu bayi menangis kencang untuk memberinya ASI. Jangan juga membatasi atau menjadwalkan waktu menyusui bayi.

7. Sebelum melahirkan, pastikan rumah sakit tempat Anda bersalin mendukung dilakukannya IMD (Inisiasi Menyusui Dini). Dengan melakukan IMD, ke depannya, menyusui akan menjadi lebih mudah.

8. Jangan pernah ragu untuk minta bantuan jika ada masalah-masalah dalam menyusui seperti, puting yang bengkak dan bingung puting. Segera cari solusi untuk masalah tersebut agar ke depannya Anda dapat menikmati momen-momen menyusui si kecil. Selamat menyusui bagi calon ibu-ibu


EmoticonEmoticon