Jumat, 19 Oktober 2018

JENIS MAKANAN YANG DAPAT MEMPERCEPAT PENYEMBUHAN LUKA

Selain dengan obat, penyembuhan luka di kulit bisa didukung dengan konsumsi makanan yang bernutrisi. Beberapa jenis makanan di bawah ini adalah salah satu contoh makanan yang bisa mempercepat proses penyembuhan luka. 

1. Putih telur
Unsplash.com/Alison Marras

Asam amino jadi senyawa yang dibutuhkan tubuh untuk memperbaiki dan membentuk jaringan yang rusak. Salah satu sumber asam amino yang baik untuk dikonsumsi adalah putih telur.

Kandungan gizi dalam putih telur bisa meningkatkan imunitas tubuh untuk melawan infeksi. Ikan dan daging ayam juga mengadung protein baik utnuk mempercepat sembuhnya luka. 

2. Daging dan sumber zat besi lain
Unsplash.com/Jez Timms

Tubuh kita tidak bisa memproduksi protein dan kolagen tanpa bantuan zinc alias seng. Selain seng, zat besi juga mineral yang berperan penting dalam penyembuhan, karena berperan mendistribusikan oksigen lewat darah.

Salah satu penyebab luka infeksi paling umum adalah terhambatnya penyaluran oksigen ke jaringan yang rusak. Kekurangan mineral dapat menunda pembentukan dan perbaikan jaringan. Makanan kaya protein adalah sumber seng dan besi yang baik. Kedua mineral tersebut bisa ditemukan dalam biji-bijian. 

3. Makanan tinggi vitamin C
Unsplash.com/Noah Buscher

Penyembuhan luka juga bisa ditunjang dengan konsumsi makanan tinggi vitamin C dan flavonoid. Alasannya karena dua zat tersebut mengandung jaringan ikat dan mendukung produksi kolagen. Beberapa jenis makanan tinggi vitamin C yang bisa dikonsumsi antara lain tomat, berbagai jenis jeruk, stroberi, brokoli, bayam, teh hijau, dan lain sebagainya.

4. Kedelai


time.com

Kedelai mengandung vitamin A, C, D, E dan K yang bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Selain itu, protein dalam kedelai baik untuk pembentukan jaringan baru yang rusak saat terluka. Jenis kacang ini juga bagus untuk kesehatan kulit, terutama jika terjadi peradangan atau luka.

5. Dark chocholate

Unsplash.com/Yoori Koo

Dark chocholate terbukti bisa menstabilkan tekanan darah, sesuai dengan pernyataan Contemporary Reviews in Cardiovascular Medicine. Hal tersebut berdampak pada kemampuan tubuh mendistribusikan oksigen, vitamin, dan nutrisi lainnya ke jaringan-jaringan, terutama bagian yang terluka.

Kandungan antioksidan dalam dark chocholate juga bermanfaat bagi kesehatan kulit serta mencegah infeksi pada luka.

6. Brokoli

eatrightontario.ca

Zat fitronutrien tinggi yang ada dalam brokoli juga berpengaruh pada kecepatan penyembuhan luka. Selain itu, brokoli juga merupakan sumber antioksidan serta vitamin C yang baik. Kedua zat tersebut membantu pemeliharaan luka, penyembuhan infeksi, pembentukan jaringan baru, serta menunjang kekebalan tubuh.

Selain brokoli, jenis sayur yang cocok dikonsumsi adalah paprika, kembang kol, kentang, kale, bayam, dan berbagai sayuran hijau lainnya.

7. Biji-bijian dan kacang-kacangan

dvo.com

Agar luka basah bisa cepat mengering dan berganti sel, sebaiknya perbanyak konsumsi biji-bijian dan kacang-kacangan. Misalnya seperti gandum, almond, dan kacang tanah. Kandungan vitamin E di dalamnya berperan baik untuk kesehatan kulit, termasuk salah satunya mengurangi bekas luka. Zat antioksidan juga terdapat dalam beberapa jenis makanan tersebut.


EmoticonEmoticon